UGM Bersama Industri Manfaatkan EBT Lewat Panel Surya

Universitas Gadjah Mada (UGM) bersama dengan industri bernama PT Agra Suya Energi, menerapkan Energi Baru Terbarukan (EBT) lewat pemasangan panel surya di lingkungan kampus. Kerja sama ini ditandatangani di Balairung, UGM pada Selasa 14 September 2021 lalu. 

Rektor UGM Profesor Panut Mulyono dalam sambutannya mengatakan, saat ini pemanfaatan EBT merupakan wujud kepedulian dan konsentrasi Pemerintahan Pusat.

Oleh karenanya dengan pemasangan panel surya di lingkungan kampus UGM, diharapkan dapat meningkatkan pemanfaatan EBT.

Faktor besaran suatu kampus memanfaatkan EBT dan seberapa baik kampus menjaga lingkungan serta konsentrasi riset EBT, menjadi salah satu penilain untuk kampus berkelanjutan. Maka dari itu, dengan adanya panel surya di lingkungan kampus membuat nilai tambah bagi UGM.

“Sehingga dengan adanya pemasangan panel surya ini harapannya dapat meningkatkan ranking sebagai kampus berkelanjutan di UGM. Jika memungkinkan didesain keberadaan panel surya bisa ditunjukkan kepada masyarakat yang masuk atau lewat di UGM akan sangat baik dan di daerah yang strategis bagi masyarakat lewat misalnya di bundaran” ujar Profesor Panut.

Direktur Utama PT Agra Energy Harvey Tjokro mengungkapkan jika kerja sama ini selain pemasangan panel surya adalah pendirian badan usaha bersama dibidang EBT, pembangunan Monumen Energi di UGM, sampai sinergi industri dan kampus untuk pengembangan penelitian EBT dan startup, serta pelatihan bagi mahasiswa.

Bagi Harvey, UGM menjadi sebuah aset yang besar bagi bangsa Indonesia. Ia berharap sinergi yang terjadi antara UGM dan perusahaannya, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat luas untuk memanfaatkan EBT.

Baca Juga : 3 Mahasiswa UGM Sulap Sungai Tercemar Jadi Sumber Energi

“Tantangan global tentang Perubahan Iklim yang telah ditandatangani Presiden Jokowi Widodo di 2015 silam telah menjadikan posisi Indonesia sangat penting untuk mempercepat pembangunan PLTS di segala sektor sebagai salah satu pilihan EBT  yang paling efesien, mudah, murah dan cepat di aplikasikan.” ujar Harvey.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Popular