Program D4 Spesialisasi Energi Terbarukan Segera Dibuka..

Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Beny Bandanadjaja mengatakan, sebanyak 5 politeknik negeri di Indonesia siap menjadi percontohan untuk pengembangan program D4, spesialisasi energi terbarukan.

Didukung lewat proyek Renewable Energy Skills Development (RESD), kerja sama pemerintah Swiss dan Indonesia.

Kuliah perdana angkatan pertama program tersebut direncanakan akan dimulai September tahun ini.

Benny menjelaskan, berdasarkan keterangan RESD Senin, 7 Februari 2022, program spesialisasi D4 yang dimaksud adalah program alih jenjang, di mana lulusan Diploma 3 teknik (Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil) mengambil program 1 tahun (semester 7 dan 8) spesialisasi energi terbarukan.

Nantinya, lulusan akan mendapatkan gelar Sarjana Teknik Terapan Energi Terbarukan.

Saat ini, menurut Benny program Studi Energi Baru Terbarukan (EBT) di tingkat pendidikan tinggi masih terbatas.

Sementara, kebutuhan energi terus meningkat dan pemerintah telah menetapkan target bauran energi sebesar 23 persen dari energi baru terbarukan pada 2025.

Itu sebabnya, dia berharap dari 5 politeknik negeri yang menjadi percontohan, program spesialisasi D4 Energi Terbarukan dapat diperluas implementasinya di lebih banyak lagi politeknik di Indonesia.

Baca Juga: Gejolak Rusia-Ukraina, Momentum Akselerasi Energi Terbarukan

Demi program studi energi terbarukan berjalan dengan baik, RESD didukung oleh BPSDM Kementerian ESDM sebagai mitra utama, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan Vokasi dan Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan.

Selain itu, dukungan juga datang dari Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi dan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Badan Nasional Sertifikasi Profesi, dan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Popular