Manfaat Energi Panas Bagi Kehidupan Makhluk Hidup

Manfaat sumber energi panas dari matahari secara tidak langsung berhubungan dengan keberlangsungan makhluk hidup. Karenanya tidak dapat dipungkiri , energi panas sangat diperlukan, khususnya oleh manusia. 

Energi bisa berasal dari berbagai sumber dan memiliki berbagai kegunaan, seperti bensin digunakan untuk menjalankan kendaraan bermotor dan minyak tanah digunakan untuk memasak.

Sumber energi panas merupakan segala sesuatu yang dapat menghasilkan energi panas. Energi panas kemudian disalurkan ke beberapa media agar dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja, kompor, korek api hingga konduktor.

Sumber energi panas bisa dihasilkan dari berbagai sumber yang menghasilkan panas. Berikut rinciannya: 

  1. Sumber Energi Panas Bumi

Sumber panas pertama bisa berasal dari dalam inti atom bumi yang menyimpan panas, yakni melalui cara dengan menyerap panas matahari ke permukaan bumi (dari jutaan tahun lalu). Saat ini, sumber energi panas bumi ramah lingkungan tersebut dikenal dengan energi geothermal.

Sumber energi panas ini bisa dimanfaatkan sebagai pembangkit tenaga listrik untuk menggantikan penggunaan energi fosil.

  1. Sumber Energi Panas Matahari

Sumber energi panas matahari berasal dari radiasi matahari yang langsung menyinari bumi. Sebagai informasi, energi panas yang dihasilkan ini berasal dari percikan api dari atom matahari.

Manfaat sumber energi panas dari matahari adalah dapat mengeringkan pakaian yang dijemur. 

Baca Juga : PLTS Bisa Jadi Solusi Kurangi Tagihan Listrik Saat Pandemi

  1. Sumber Energi Panas Api

Api termasuk salah satu sumber energi panas. Api berasal dari gesekan dua buah benda yang kemudian bisa menghasilkan panas hingga memercikkan api.

Sumber energi panas api bermanfaat untuk menyalakan kompor dengan korek api yang nantinya akan digunakan untuk memasak.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Popular