Kenalin Sosok Penemu Pembangkit Listrik, Mulai PLTA Hingga Biomassa

Kenalan yuk sama sosok penemu dalam sejarah pembangkit listrik. Kalian pasti sudah tidak asing dengan pembangkit energi terbarukan panas bumi atau geothermal, pembangkit listrik tenaga air (PLTA), panel surya, turbin angin, hingga generator biomassa? Tapi tahukah kalian siapa sosok-sosok hebat penemu pembangkit listrik energi terbarukan tersebut? Yuk simak ulasan berikut!

  • Penemu PLTA – William Armstrong

Penemu PLTA - William Armstrong

William Armstrong (1810-1900) merupakan penemu PLTA pertama yang berada di Cragside Northumberland, Inggris tepatnya di era Victoria. Penemuan PLTA nya tersebut pertama kali digunakan untuk menyalakan sebuah lampu. 

Saat itu, Armstrong menggunakan air dari salah satu danau di perkebunan untuk menggerakkan dinamo Siemens di PLTA pertamanya. Hingga akhirnya, 4 tahun berselang, PLTA berkapasitas 12 Kilowatt tersebut dikomersilkan di Vulcan Street, Appleton, Wisconsin, Amerika Serikat dan mampu menggerakkan dua pabrik kertas.

Baca Juga : Intip 5 Negara Produsen PLTA Terbesar di Dunia

  • Penemu Panel Surya – Edmond Becquerel

Penemu Panel Surya - Edmond Becquerel

Becquerel, seorang fisikawan asal Prancis ini memfokuskan studinya pada spektrum matahari, magnet, listrik, dan optik. Pada tahun 1839, ia menemukan photovoltaic, sebuah prinsip pengoperasian sel surya. 

Di tahun yang sama, Becquerel mengembangkan agar listrik dapat dihasilkan dari sinar matahari. Ia percaya, sinar cahaya pada elektroda yang terendam dalam larutan konduktif akan menghasilkan arus listrik.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Popular