Jokowi: G20 Harus Jadi Contoh Atasi Perubahan Iklim

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyampaikan bahwa negara-negara yang tergabung ke dalam G20 harus jadi contoh atasi perubahan iklim di dunia.

Beliau menilai, penanganan perubahan iklim dan lingkungan hidup hanya bisa dicapai dengan bekerja sama dalam tindakan nyata.

Jokowi menyampaikan opininya pada sesi II KTT G20 di La Nuvola, Roma, Italia pada Sabtu 30 October 2021 bahwa Indonesia ingin G20 memberikan contoh, memimpin kerja sama dunia dalam mengatasi perubahan iklim dan mengelola lingkungan dengan berkelanjutan.

G20 mampu mempercepat laju pemulihan hijau dan merangkul semua pihak tanpa ada yang tertinggal, serta penting untuk menempatkan isu perubahan iklim pada kerangka besar pembangunan berkelanjutan.

Beliau bahkan berujar menangani perubahan iklim harus bergerak maju seiring dengan penanganan berbagai tantangan global lainnya. Seperti pengentasan kemiskinan dan mencapai target SDGs.

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara pemilik hutan tropis terbesar di dunia dan menjadikannya strategis dalam penanganan perubahan iklim.

Kelebihan tersebut akan dijadikan Indonesia dalam berkontribusi bersama G20 untuk mengatasi perubahan iklim.

Selain itu, Jokowi juga mengungkapkan bahwa Indonesia menargetkan Net Sink Carbon bagi sektor lahan dan hutan paling lambat di tahun 2030. Untuk Net Zero di tahun 2016 atau bisa lebih cepat.

Kawasan Net Zero di Indonesia mulai dikembangkan termasuk pembangunan Green Industrial Park di Kalimantan Utara.

Green Industrial Park memiliki luas 13.200 hektare dan menggunakan Energi Baru Terbarukan (EBT) serta menghasilkan Green Product.

“Tata kelola yang baik di tingkat global untuk penerapan Carbon Pricing perlu segera agar sesuai dengan tujuan Perjanjian Paris dan memberikan insentif bagi partisipasi swasta dengan memperlihatkan kapabilitas dan kondisi tiap negara”  ujar Jokowi.

Baca Juga : Goes To Net Zero Carbon! G20 Hapus Batu Bara

Saat ini Indonesia sedang dalam tahapan akhir untuk menyelesaikan regulasi terkait Carbon Pricing, upaya tersebut dilakukan untuk mendukung pemenuhan komitmen target Nationally Determinded Contributions (NCDs).

NCDs sendiri merupakan ddokumen yang memuat komitmen dan aksi iklim sebuah negara yang dikomunikasikan kepada dunia melalui United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Popular