Ini Peringkat Negara Pengguna EBT Terbesar di Dunia!

Seperti yang diketahui, saat ini negara-negara di dunia tengah berlomba-lomba menuju penggunaan energi rendah karbon dengan Energi Baru Terbarukan (EBT). Nah, kira-kira negara mana saja ya yang saat ini menduduki peringkat sebagai negara pengguna EBT terbesar di dunia?

Pengguna EBT Terbesar di Dunia!
Pengguna EBT Terbesar di Dunia!
  • Swedia

Swedia merupakan negara pengguna EBT terbesar di dunia. Bagaimana tidak, pada tahun 2015 saja, Swedia telah memiliki mimpi ambisius yakni ingin menghentikan penggunaan pembangkit listrik berbasis bahan bakar fosil pada tahun 2040. 

Atas upayanya dalam meningkatkan investasi di bidang tenaga surya, angin, penyimpanan energi, jaringan pintar, dan transportasi bersih, Swedia bahkan disebutkan telah menjadi negara pertama di dunia yang menuju 100% EBT.

  • Kosta Rika

Negara yang memiliki geografi yang unik ini menjadi negara yang menduduki peringkat kedua pengguna EBT terbesar di dunia. 

Berkat komitmennya terhadap lingkungan, sebanyak 95% listrik di negara ini telah menggunakan energi hidro, panas bumi, dan angin selama empat tahun terakhir. Kosta Rika juga memiliki ambisi untuk 100% netral karbon pada tahun 2021.

  • Nikaragua

Sejak tahun 2012, negara peringkat ketiga pengguna EBT terbesar ini telah menginvestasikan pendapatan negaranya dalam mengembangkan energi terbarukan. Hingga akhirnya pada 2017, Nikaragua telah berhasil menghasilkan listrik dari EBT.

  • Skotlandia

Skotlandia sangat mengandalkan energi angin sebagai sumber EBTnya. Pada tahun 2019, 98% kebutuhan listrik di Skotlandia bahkan sudah dipenuhi oleh EBT tenaga angin.

  • Jerman

Pada paruh pertama tahun 2018, Jerman telah menghasilkan listrik yang bersumber dari EBT, yang cukup untuk memberi daya pada setiap rumah tangga di Jerman selama setahun. 

Baca Juga: Unik! Inggris Ciptakan Energi Terbarukan dari Mayat

Negara ini juga memiliki ambisi untuk mencapai target 65% EBT pada tahun 2030. Jerman sangat mengandalkan tenaga surya sebagai sumber energi terbarukannya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Popular