Ini ‘Jurus’ Pemerintah Kejar Target Bauran Energi Terbarukan

Staf Ahli Menteri Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Bidang Perencanaan Strategis, Yudo Dwinanda Priaadi mengatakan pemerintah secara kontinu menyiapkan berbagai strategi demi mengejar target bauran energi terbarukan di Indonesia lewat Net Zero Emission (NZE) tahun 2060.

Yugo menambahkan, salah satu strategi yang digunakan yaitu pemerintah akan menggaet para investor untuk bisa memaksimalkan pengembangan Energi Terbarukan di Indonesia.

Selain itu, saat ini Kementerian ESDM juga sedang bersiap untuk menjadi tuan rumah sidang Energy Transition Working Group (ETWG) pertama yang akan dilaksanakan pada akhir Maret 2022.

“Sidang pertama ini akan menitikberatkan pembahasan pada pemahaman materi terkait tiga prioritas transisi energi, yakni akses, teknologi, dan pendanaan,” ujar Yudo, Jumat (11/3/2022).

Berbicara mengenai energi terbarukan, Yugo menjelaskan beberapa permasalahan yang tengah dihadapi saat ini.

Di antaranya seperti, bagaimana menciptakan energi yang terjangkau, andal, berkelanjutan, dan modern untuk semua atau leaving no one behind, terutama energi untuk elektrifikasi dan clean cooking.

Sementara itu, di bidang teknologi akan dibahas upaya peningkatan dan pemanfaatan teknologi untuk pembangunan industri bersih, integrasi energi terbarukan, dan efisiensi energi.

“terkait pendanaan, transisi energi tentu membutuhkan proyek dan teknologi baru, maka dari itu diperlukan investasi-investasi baru untuk mendanai inovasi yang akan dilakukan.

Sehingga pendanaan juga menjadi topik yang penting untuk dibahas pada ETWG,” tambah Yugo.

Untuk diketahui, sidang ETWG akan diikuti oleh 20 negara anggota G-20, 8 organisasi internasional dan 10 negara undangan.

Baca Juga: Program D4 Spesialisasi Energi Terbarukan Segera Dibuka..

Fokus sidang akan membahas persoalan seputar transisi energi bersih dan desain utama Road to Bali Communique.

Salah satu tujuan diselenggarakannya sidang ETWG untuk mempersiapkan Komunike Menteri Transisi Energi: Kesepakatan Global untuk Mengakselerasi Transisi Energi, yang akan disahkan pada September 2022 mendatang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Popular