Indonesia-Inggris Perkuat Kerja Sama Energi Terbarukan

Indonesia-Inggris Siap Perkuat Kerja Sama Bidang Energi Terbarukan

Kerjasama Indonesia-Inggris
Indonesia-Inggris Siap Perkuat Kerja Sama Bidang Energi Terbarukan

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menanggapi pertemuan antara Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 di Elmau Jerman pada 27 Mei 2022 lalu

Retno menyebut, PM Boris Johnson telah membuat roadmap kerja sama bilateral antara Indonesia dan Inggris di bidang energi terbarukan dan ketahanan pangan.

“Dengan sudah adanya roadmap tersebut, maka akan lebih mudah untuk memperkuat hubungan kedua negara,” kata Retno, Selasa (28/6/2022).

Untuk diketahui, Menteri ESDM Arifin Tasrif mengungkapkan potensi energi baru terbarukan (EBT) yang dimiliki Indonesia sangat besar yaitu mencapai 3.686 giga watt (GW). Namun, pemanfaatannya masih perlu ditingkatkan karena baru mencapai 0,3 persen.

Potensi energi terbarukan yang dimiliki Indonesia berasal dari energi surya, air atau hidro, bioenergy, angin, panas bumi (geothermal), dan gelombang laut. Porsi terbanyak berasal dari energi surya yang potensinya mencapai 3.295 GW.

Baca Artikel Lainnya : Pemerintah Ubah Aturan Pembangkit Energi Terbarukan

“Potensi energi terbarukan mencapai 3.686 GW dengan sebagian besar didominasi energi surya. Hingga saat ini pemanfaatannya masih rendah hanya 0,3 persen dari total potensi,” ungkapnya, Rabu (9/2/2022).

Melihat masih sedikitnya pemanfaatan energi terbarukan di Tanah Air, semoga dengan adanya kerja sama antara Indonesia dan Inggris bisa memacu pemanfaatan energi terbarukan sekaligus mempercepat target nol emisi atau net zero emission pada 2060 mendatang.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Popular