Energi Panas Bumi Flores, Peluang Pariwisata Berkelanjutan

Tidak dapat dipungkiri, sektor pariwisata menjadi roda penggerak yang penting bagi kebangkitan suatu daerah.

Melihat potensi pariwisata di Indonesia cukup besar tentu membutuhkan pasokan listrik yang tidak sedikit.

Sayangnya sampai saat ini, pasokan listrik untuk mendukung pariwisata di Tanah Air masih didominasi energi fosil.

Masifnya penggunaan energi fosil tentu berdampak buruk bagi lingkungan, seperti berpengaruh terhadap perubahan iklim dan ketergantungan pada permainan harga pasar yang mengakibatkan sulitnya industri untuk tetap kompetitif.

Gencarnya dorongan transisi energi dan menjamurnya pariwisata berkelanjutan tentu bisa menjadi solusi pemerintah dalam memanfaatkan energi panas bumi di Flores.

Mengingat Flores telah dicanangkan oleh Presiden Jokowi sebagai Pulau Panas Bumi dengan potensinya yang tersedia dari ujung Barat sampai Timur.

Misalnya, salah satu titik pengembangan Panas Bumi di Flores adalah Wae Sano, Kabupaten Manggarai Barat.

Selain itu, panas bumi juga berpotensi memiliki rangkaian pariwisata ramah lingkungan, bernilai edukatif dan berkelanjutan.

Direktur Utama PT Geo Dipa Energi (Persero) Riki Firmanda Ibrahim mengungkapkan bahwa pengembangan Panas Bumi di Flores diyakini dapat memperkuat strategi pemasaran pariwisata berkelanjutan.

“Kehadiran Panas Bumi sebenarnya justru menjadi daya tarik tersendiri untuk meningkatkan kedatangan wisatawan dan memungkinkan tumbuhnya perhotelan di sekitar danau Wae Sano” ujar Riki.

Riki melanjutkan, konsep edukasi pariwisata berkelanjutan Panas Bumi telah banyak diimplementasikan di beberapa negara di dunia, seperti New Zealand, Filipina, Islandia, Amerika Serikat dan Jepang.

Di Indonesia sendiri, baru ada di Kamojang, Dieng dan Lahendong yang menerapkan pariwisata berkelanjutan.

Baca Juga: KPK : Sektor Energi Terbarukan Jangan Jadi Ladang Korupsi

Dia juga berpendapat, pengembangan Panas Bumi juga sejalan dengan rencana Pemerintah Daerah yang mengusung konsep Wisata Religi di wilayahnya.

Panas Bumi, lanjut Riki, bisa menjadi jalan untuk membuka peluang-peluang ruang hidup baru bagi masyarakat Flores, dan juga menjadi semangat yang coba dibangun pemerintah untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat di Wae Sano, Flores.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Popular